Memiliki kendaraan pribadi di zaman sekarang itu menjadi hal yang menguntungkan untuk orang – orang yang dituntut untuk mempunyai mobilitas yang tinggi. Karena dengan menggunakan kendaraan pribadi itu dapat lebih leluasa ketika akan berpergian, selain itu juga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan menggunakan kendaraa umum. Salah kendaraan pribadi yang banyak orang miliki itu adalah motor. Kendaraan roda dua ini menjadi kendaraan yang banyak di pilih karena praktis untuk digunakan dan tidak banyak memakan uang untuk perawatannya. Meskipung begitu bila ingin tidak mengeluarkan banyak uang, kamu harus merawat dan memelihara motor kamu dengan tepat.

Karena motor itu memiliki mesin – mesin yang harus dirawat, apalagi untuk kamu yang sering menggunakan motornya. Pastinya mesin – mesinnya itu sering digunakan dan membutuhkan perawatan agar tidak terjadi kerusakan, apabila sampai rusak malah itu akan lebih memakan banyak pengeluaran. Salah satunya adalah kiprok yang mmepunyai pengaruh kepada awet tidaknya aki. Fungsi yang dimiliki oleh kiprok sendiri itu untuk memastikan apakan ketersediaan dari arus listrik serta tetap melindunginya biar terus stabil atau bagus. Karena nantinya itu arus serta tegangan yang akan mengalir itu terus berlanjut hingga menuju aki. Bila arus yang mengalir ke aki itu terlalu besar nantinya akan memicu terjadinya over change atau kelebihan daya.

Selain itu bisa arus yang mengalir menuju aki terlalu kecil, akan memicu terjadinya aki tekor. Maka dari itu yang baiknya adalah arus yang mengalir menuju aki itu harus pada takaran yang seimbang, sehingga tidak akan memicu hal – hal yang tidak diinginkan. Sehingga kiprok motor ini mempunyai fungsi yang penting bagi motor, membuat kamu sebagai pemilik motornya harus dapat merawat motor dengan baik sampai dengan mesin – mesin dari motor tersebut. Tetapi bagaimana caranya agar kamu mengetahui kalau kiprok motor kamu itu sedang mengalami kerusakan?

Memang gejala dari rusaknya kiprok itu bisa karena berbagai macam hal yang memicunya, terdapat perkiraan bahwa bisa saja karena kamu tidak merawat motor dengan baik atau juga karena akinya yang sudah haus. Gejala kiprok rusak yang dapat lebih mudah kamu kenali yaitu.

1.Starter Tidak Menyala

Ketika kamu akan menggunakan motor, kamu pasti akan menyalakannya dengan starter motor. Tetapi tidak akan menyala, biasanya ini terjadi karena kiprok motor sudah rusak. Ini terjadi karena aki yang tekor sebab arus yang masuk itu tidak stabil.

2.Cahaya Lampu Meredup

Karena kiprok mempunyai fungsi untuk mengatur arus listrik, sehingga saat cahaya dari lampu meredup berarti kiprok mengalami kerusakan. Lalu tiba – tiba terang saat motor dilajukan dengan cepat, maka tingkat kerusakan pada kiprok semakin tinggi.

3.Motor Mogok Seketika

Kiprok yang rusak akan sulit untuk menyalurkan arus ke dalam busi agar motor tetap menyala, sehingga motor yangkamu gunakan akan mengalami mogok secara tiba – tiba.

Lantas setelah gejala – gejala tersebut hadir bagaimana untuk memperbaikinya? Karena komponen di dalam motor itu saling memiliki keterkaitan tentunya agak sulit untuk memperbaikinya. Jadi lebih baik kamu menggantinya dengan kiprok yang baru, dimana kamu dapat membeinya. Harga yang diberikan pun berbagai macam menyesuiakan dengan uang yang kamu miliki. Ini dilakukan agar kiprok dapat kembali bekerja dengan maksimal pada motor kamu.

Itulah beberapa gejala, fungsi, dan cara memperbaiki kiprok yang rusak.