Sebagai orang yang mempunyai mobilitas yang tinggi, akan sangat membutuhkan sekali yang nama transportasi. Kendaraan pribadi yang sangat diperlukan untuk yang mempunyai mobilitas tinggi memang paling dapat diandalkan. Karena jika menggunakan kendaraan umum itu bisa saja waktu yang dikeluarkan lebih banyak, dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Salah satu kendaraan pribadi yang bisa diandalkan untuk dapat menerjang segala kemacetan di jalanan itu adalah motor. Sudah menjadi kendaraan yang paling tepat untuk dapat diandalkan, karena kendaraan roda dua ini sering kamu gunakan kemana pun kamu pergi. Membuat beberapa mesin yang berada di dalamnya mengalami kerusakan.

Tetapi kerusakan tersebut biasanya timbul karena memang mesin harus diganti atau memang sudah ada yang rusak. Karena memang motor tersebut sering sekali digunakan, wajar saja bila mesin yang berada di dalamnya itu tidak dapat berfungsi semaksimal saat awal pembelian. Maka dari itu perawatan pada motor haruslah dilakukan dengan baik dan tepat, karena motor bisa mendapatkan berbagai macam kerusakan. Salah satu keluhan dari para pengguna motor tentang motornya adalah motor yang brebet. Komponen yang berada  di dalam motor dapat menurun kemampuannya, sebab sering sekali digunakan. Bila hal ini sudah terjadi perlu dilakukan servis terhadap motor kesayangan kamu tersebut. Kenali penyebab motor brebet supaya bisa dengan cepat dibetulkan.

1.Bahan Bakar Tidak Sesuai

Ternyata bahan bakar itu dapat menjadi penyebab dari terjadinya motor brebet. Jangan hanya karena mengejar harga dari bahan bakar yang lebih murah, membuat kamu menggunakan bahan bakar kepada motor kamu dengan menurunkan standar yang seharunya. Memang ini biasanya terdapat sebagian orang yang melakukan hal ini dan berdampak buruk kepada mesin motor. Sehhingga motor yang digunakan menjadi brebet, tentunya tidak akan nyaman bukan untuk menggunakan motor tersebut.

Pabrikan motor biasanya sudah memberikan ketetapan pada bahan bakar yang digunakan, agar dapat sesuai dengan kompresi pada mesinnya. Terdapat motor – motor keluaran terbaru dimana mereka itu harus menggunakan bahan bakar Pertamax. Dengan tujuan supaya dapat lebih optimal ketika pembakaran mesin terjadi. Untuk mengetahui komperesi mesin motor serta bahan bakar apa yang tepat untuk motor kamu, bacalah buku panduan yang biasanya diberikan ketika membeli motor.

2.Busi Mulai Soak

Busi itu memiliki peranan yang penting  dalm motor, bila busi yang digunakan dalam motor kamu sudah soak maka itu dapat mengakibatkan motor brebet. Aliran listrik yang tidak dapat dikonversi dengan baik membuat percikan api di ruang bakar. Karena pembakarannya yang melemah tersebut, membuat pembakaran yang terjadi tidak maksimal yang dapat menghasilkan gejala brebet.

Jadi jangan malas – malas untuk mengecek busi pada motor, bila busi sudah kotor atau renggang. Berarti terdapat kerusakan yang membuat pembakaran pada ruang mesin tidak optimal. Sehingga kamu harus mengganti busi kamu dengan yang baru, agar dapat menjalankan pembakaran di ruang bakar dengan optimal.

3.Filter Udara Kotor

Untuk penyebab yang satu ini, sebetulnya dapat ditangani dengan mudah. Karena motor sangat sering digunakan, membuat penyaringan udara itu menjadi kotor, sebab banyak udara yang masuk ke dalam ruang bahan bakar. Saking banyaknya udara tersebut, membuat  filter udara menjadi mampet karena penumpukan yang terjadi tersebut. Membuat alat penghisap udara tersebut tidak dapat bekerja secara optimal.

Bila melihat kembali ke dalam buku panduan, bahwa filter udara kotor itu memiliki masa pakai sampai dengan jarak tempuh 16 ribu kilometer. Tetapi tergantung dari jalanan yang kamu lalui, bila berada di  perkotaan, biasanya ini akan lebih sering terjadi karena banyak debu yang berada di perkotaan.

Itulah penyebab dari motor brebet, semoga membantu.