Mengganti oli pada motor itu merupakan hal yang harus dilakukan dengan rutin, agar mesin pada motor tidak mudah rusak. Memang menjadi hal yang sepele rasanya untuk mengganti oli, tetapi hal ini terkang kelupaan untuk dilakukan. Jadi, agar kamu tidak mudah lupa untuk mengganti oli sebaiknya kamu mencatat tanggal kapan kamu mengganti oli. Sehingga nantinya ketika sudah jatuh tanggal untuk mengganti oli kamu tidak kelupaan tanggal berapa kamu harus menggantinya. Mengganti oli mungkin biasanya kamu menggunakan jasa dari tukang bengkel, padahal kamu dapat mengganti oli sendiri di rumah. Memang tidak banyak orang yang mengetahui sebetulnya bagaimana cara mengganti oli yang tepat.

Sebagian orang berfikir mungkin  mengganti oli menjadi hal yang menyulitkan dan ribet untuk dilakukan sendiri di rumah. Padahal mengganti oli sendiri di rumah itu tidak sesulit yang kamu bayangkan, kamu dapat melakukannya di rumah dengan mengikuti cara – cara yang akan di ulas disini. Karena banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika mengganti oli sendiri di rumah, yaitu kamu tidak harus mengeluarkan uang untuk membayar jasa kepada tukang yang menggantikan oli kamu. Jadi yang perlu kamu lakukan ke  tempat jual beli oli motor dan kamu membeli oli yang biasa kamu gunakan. Maka dari itu simak ulasan berikut ini, tentang cara mengganti oli pada motor matic.

1.Memposisikan Motor

Memposisikan Motor

Ketika kamu akan mengganti oli sendiri di rumah, tentunya posisikan dahulu motor kamu dengan menggunakan standar tengah atau biasanya disebut dengan standar dua. Ini diberlakukan agar pergantian oli pada motor matic kamu dapat lebih mudah untuk dilakukan. Karena dengan keadaan motor yang lebih tegak, membuat kamu mempunyai ruang yang lebih leluasa untuk dapat mengganti oli pada motor matic kamu. Selanjutnya kamu persiapkan wadah yang dimana untuk menampung oli yang sudah terpakai.

Agar oli yang sudah terpakai tersebut dapat terbuang dari tempat oli sebelumnya. Supaya olinya tidak berceceran kemana – mana, kamu harus menggunakan wadah untuk bisa menampung oli yang sudah terpakai tersebut. Wadahnya itu kalau bisa yang berukuran besar seperti baskom.

3.Membuka Katup atau Baut Pembuangan

Membuka Katup atau Baut Pembuangan

Untuk membuang oli dari tempatnya tersebut, tentunya kamu harus membukanya terlebih dahulu. Yang harus dibuka tersebut adalah katup atau baut pada pembuangannya, untuk membukanya kamu dapat menggunakan kunci dengan ukuran 12. Untuk tempat baut tersebut biasanya ada pada area bawah dibagian kiri, yang memang menghadap ke samping. Memang agak sulit untuk ditemukan, karena namanya juga baut dia mempunyai ukuran yang kecil dan semua terlihat sama saja.

Tetapi setelah kamu dapat menemukan baut tersebut, maka kamu bisa langsung mengesekusinya dengan membukanya menggunakan kunci 12 tersebut. Untuk membuka baut tersebut kamu dapat memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam.

3.Memasukan Oli Motor

Memasukan Oli Motor

Karena kamu sudah dapat membuka katup pembuangannya dan membuang oli bekasnya.  Lalu kamu membuka tempat pengisian olinya agar kamu dapat memasukan oli baru yang sudah kamu beli barusan. Untuk tempat pengisian oli yang baru itu berada pada area kanan motor, untuk membuka pengisian oli kamu menggunakan obeng (-). Setelah itu kamu persiapkan corong untuk memasukin oli baru agar tidak beleber.

Masukan oli tersebut perlahan, sesudah kamu oli tersebut sampai habis kamu dapat menutup tempat olinya kembali dengan rapat.

Itulah cara mengisi oli pada motor matic sendiri tanpa ribet.