Di zaman yang sudah canggih ini membuat kita menjadi lebih dipermudah dalam melakukan berbagai hal. Kecanggihan ini pun berpengaruh juga kepada transportasi yang kita gunakan di setiap harinya. Dimana transportasi menjadi hal yang sangat penting dan berguna untuk di era sekarang, apalagi untuk orang yang memiliki mobilitas yang tinggi. Dahulu kala orang – orang masih mengandalkan jalan kaki untuk bisa berpergian kemana – mana, untuk orang yang memiliki uang mereka akan menggunakan kuda. Tetapi sekarang ini kamu tidak usah lelah untuk pergi ke tempat yang kamu ingin tuju, karena sudah ada tranportasi canggih yang dapat mengantarkan kamu kemana saja yang kamu inginkan.

Salah satu transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat sekarang yaitu motor. Kendaraan beroda dua ini banyak diminati oleh masyarakat, selain harganya yang memang lebih murah dibandingkan dengan kendaraan lainnya. Motor ini juga termasuk kendaraan yang praktis utnuk digunakan kemana – mana, lebih efisien dalam waktu temput yang digunakan. Tetapi namanya juga mesin, akan ada masanya mesin tersebut mengalami kerusakan atau gangguan. Mungkin karena memang umurnya yang sudah tua atau bisa juga karena tidak benar dalam merawatnya. Pernahkah motor kamu itu mati – mati ketika sedang digas, tanpa tahu penyebabnya kenapa. Karena memang itu benar mati secara tiba – tiba, untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya simak ulasannya berikut ini.

1.Main Jet Tersumbat

Biasanya kerusakan ini terjadi dari dalam mesin itu sendiri, salah satunya adalah main jet yang tersumbat. Tetapi sebelum membahas terlalu dalam, apa itu main jet? Main jet adalah saluran bensi yang mempunyai tugas mengabutkan molekul bahan bakar yang berasal dari ruang penampung bensin serta ruang pelampung yang letaknya berada di dalam karburator, yang akan diarahkan ke untake manifold.

Ketika penyumbatan terjadi pada main jet ini, motor kamu akan mati secara tiba – tiba ketika sedang digas bahkan dalam keadaan normal sekali pun motor kamu bisa mati mendadak. Ini dikarenakan suplai bensin main jet yang teputus. Agar menghilangkan penyumbatan tersebut kamu harus membersihkan main jet dari debu yang berasal dari udara yang mengakibatkan saluran tersebut menjadi tersumbat.

2.Karburator Kemasukan Air

Motor yang mati mendadak ketika di gas itu biasanya diakibatkan juga karena karburator yang kemasukan air. Bisa saja terjadi karburator yang kemasukan air, bisa karena uap air atau rembesan yang berasal dari luar tangka. Meskipun air itu akan terpisah saat masuk ke karburator tetapi ketika gas motor dinaikakan, RPM secara otomatis akan menaikkan mesin. Ini membuat aliran dari bensi dapat mengarah  ke intake manifold dan menjadi lebih cepat.

Tetapi aing tidak akan masuk ke dalam, karena air bukan bahan bakar dari mesin. Tetapi dampak yang akan ditimbulkan adalah mesin menciptakan suara aneh serta mesin mati. Maka dari itu kuras ruang pelampung karburator, bila air yang masuk terlalu banyak kamu bisa menguras tangki terlebih dahulu.

3.Busi Lemah

Busi yang lemah menjadi faktor yang sering dijadikan sebagai penyebab dari matinya motor secara mendadak ketika akan digas. Busi yang lemah itu akan memicu api kecil membuat mesin menjadi mati secara mendadak ketika akan digas. Tapi bagaimana cara mengatasi busi yang lemah pada motor? Kamu dapat melihat busi dengan cara melihat bagian ujungnya.

Bila ujung busi tersebut sudah berwarna hitam legam, sudah dipastikan kamu harus mengganti busi tersebut dengan yang baru. Terdapat cara lain untuk memeriksa busi yaitu denngan melihat percikan api yang berasal  dari busi, ini bisa memberikan informasi lebih jelas tentang busi tadi.

Itulah penyebab dan cara mengatasi motor mati mendadak ketika di gas, semoga membantu!