Di dalam setiap Motor tentunya memiliki berbagai spare part kecil yang sangat mempunyai fungsi agar motor tetap jalan, salah satunya adalah Relay Starter Motor.

Memang Fungsi Relay Starter Motor mempunyai peranan penting dalam menghidupkan motor, sering kali Relay Starter sering dianggap remeh karena ukurannya yang kecil dan tempatnya cukup tersembunyi.

Dan banyak sekali kasus yang ditemukan kalau Motor Mogok kebanyakan dari Relay Motornya yang rusak. Nah Berikut ini kami akan jelaskan secara detail mengenai Fungi serta cara merawat dari Relay Starter Motor.

Fungsi Relay Starter Motor

Mungkin bagi kamu yang tidak tahu Relay Starter motor mempunyai fungsi yang cukup penting karena merupakan penghubung Aki, Dinamo, dan Kontak starter di Motor.

Cara kerja dari Relay Starter ketika berada di posisi kontak on, memang arus listrik dari aki sudah mengalir ke Dinamo namun mesin memang belum langsung hidup.

Nah Relay Starter berfungsi untuk untuk menyalajan mesin dinamo motor agar bisa hidup, Relay starter mempunyai berbagai fungsi diantaranya adalah:

  • Mengalirkan Listrik ke Dinamo agar bisa dinyalakan dengan mudah
  • Menunda Aliran Listrik ke Dinamo agar tidak terjadi kerusakan mesin.
  • Mengolah Tegangan tinggi listrik agar mesin tidak cepat rusak
  • Mencegah Konsleting listrik ke Dinamo yang terjadi akibat arus pendek
  • Memperpanjang usia saklar utama dalam menyalakan motor, serta membuat beban saklar utama karena dibaik dengan Relay motor.
  • Relay Starter motor Bisa dijadikan sebagai penambah keamanan, agar motor tidak mudah dicuri.
  • Bisa menambah Aksesoris lampu atau sebagainya dalam motor.

Gejala Relay Motor Sebelum Rusak

Ada berbagai gejala Relay Motor ketika inging rusak diantaranya adalah:

  • Aki Motor belum habis saat di starter motor susah dinyalakan atau tidak mesin motor tidak hidup sama sekali.
  • Tombol Starter motor tidak merespon sama sekali dan terdengar suara aliran listrik mati hidup namun mesin motor tidak mau menyala sama sekali.
  • Gejala yang terakhir ialah saat kamu melakukan starter namun tidak menyala dan aki langsung tekor

Dari berbagai kasus Motor mogok memang salah satu penyebabnya adalah relay motor yang mau rusak, meski sistem kabel kelistrikan aki ke dinamo masih ok. Nah berikut ada cara mengecek relay motor yang perlu kamu ketahui.

Cara Mengecek Relay Motor

Cara Mengecek Relay Motor memang bisa dilakukan sendiri atau tinggal di bawa kebengkel motor, nah untuk pengecekan sendiri dengan cara diukur menggunakan multi-tester.

Kamu bisa menghubungkan kedua kutub menggunakan besi atau obeng, nah jika kamu sambungkan kedua kutubnya menggunakan besi atau obeng. Mesin Motor akan otomatis hidup, sedangkan jika motornya tidak mau menyala ketika di hubungkan kutubnya maka Relay motor perlu di ganti.

Sedangkan untuk mengecek relay starter motor menggunakan multi-tester dalam posisi OHM, ketika terbaca tidak ada hambatan berarti relay sudah rusak dan perlu segera di ganti.

Kamu harus segera mengganti Relay Starter Motor, sebelum kerusakan menjadi lebih parah dengan membawa motor mu ke bengkel dan bilang kalau kelistikan motor bermasalah.

Kesimpulan

Nah itulah Fungsi dari Relay Sterter Motor serta gejala kerusakan serta cara merawatnya agar mesin motor tetap hidup. Jika motor kamu mempunyai usia sekitar 3 tahunan keatas semenjak baru beli, ada baiknya kamu mengecek berbagai kelistrikan dari Motor mu agar tidak mogok.