Sudah tidak diragukan lagi kalau Motor Matic memang merupakan kendaraan favorit dari masyarakat, Hal ini lah yang membuat produsen Motor semakin berlomba-lomba dalam mengembangkan Motor Matic yang paling dibutuhkan Masyarakat di Indonesia saat ini.

Motor Matic memang terbilang mempunyai sparepart yang mudah ditemukan dan mudah untuk perawatannya, Namun jika Motor Matic kamu tiba-tiba mati maka kamu harus tahu cara mengatasi serta cara merawatnya.

Berikut ini, kami akan memberikan Cara Mengatasi Motor Matic Mati yang wajib kamu ketahui. Yuk kita simak selengkapnya.

Cara Mengatasi Motor Matic Mati

Nah kalau motor matic kamu tiba-tiba mogok di jalan maka kamu harus lakukan langkah seperti dibawah ini.

1. Mengecek Bensin

Pertama saat motor matic kamu mogok maka perlu kamu pastikan apakah Bensin masih ada atau tidak, Hal yang paling dasar dalam mengendarai Motor Matic jangan sampai Bensin tinggal sedikit.

Karena Motor Matic yang mempunyai mesin Injection sangat susah dihidupkan, memang motor Matic Injection lebih irit bensin namun kalau penggunanya teledor hingga lupa isi bensin dan menyebabkan mogok kamu harus ikuti cara ini.

Pertama kamu harus isi Bensin dari motor, lalu coba hidupkan dengan cara menstarter motor. Jika belum menyala juga kamu harus coba mengengkol motor kamu agar mesin bisa menyala dan memulai menyedot bensin.

2. Mengecek Kelistrikan

Nah hal yang paling biasa dialami oleh Motor Matic Mogok biasanya karena AKI nya sudah habis yang menyebabkan motor matic mati dan susah untuk di hidupkan oleh starter karena tidak mempunyai daya yang kuat.

Nah kalau motor Matic kamu Akinya habis dan tidak ada bengkel terdekat, maka kamu harus menyalakan motor secara manual dengan Kick Starter atau yang biasa disebut Engkol di Motor Matic mu.

3. Mengecek Busi Motor

Jika Motor Matic mu mati bukan karena Bensin Habis, maka kamu harus mengecek Busi motor milik mu.

Cara mengeceknya memang terbilang lebih sulit akibat berada di posisi bawah jok dan di samping cover motor, setidaknya kamu harus membongkar jok dan cover motor secara manual.

Setelah itu pastikan apakah Busi Motor milik mu basah atau kering, Jika busi motor mu basah maka bisa dikatakan Busi tersebut sudah mati dan harus diganti.

4. Mengecek Karburator

Penyebab Motor Matic Mogok yang paling banyak dialami salah satunya Karburator yang kotor, Fungsi Karburator sebenarnya sangat penting karena menyatukan udara dan bahan bakar mesin yang diteruskan ke dalam ruang pembakaran.

Nah kalau Karburator Kotor bisa menyebabkan mogok, biasanya hal yang menyebabkan Karburator kotor karena usia dan pegas tidak lentur yang menyebabkan kotoran masuk ke dalam Karburator.

5. Solusi Mengatasi Motor Kemasukan Air

Tentunya kalau Pengemudi motor nekat menerobos Banjir bisa menyebabkan motor mogok, Saat melewati Banjiran hingga menutupi Knalpot maka otomatis motor akan mati karena mesin kemasukan air.

Nah cara mengatasi Mesin Motor kemasukan air, pertama kamu harus pindah ketempat yang kering lalu gunakan standar berdiri motor.

Kedua angkat bagian depan motor mu hingga Knalpot bisa miring dan mengeluarkan air, setelah itu kamu bisa nyalakan.

Dan jangan lupa jika, motor Matic mu mogok karena kemasukan air harus segera mengganti oli mesin agar tidak terjadi kerusakan.

Kesimpulan

Nah itulah Cara Mengatasi Motor Mati, jadi jika kamu ingin motor matic mu tetap berada di performa yang bagus. Maka kamu harus merawatnya setiap Bulan.